SMK Nur Azkia Bogor menggunakan sistem pendidikan terpadu antara Kurikulum Nasional, Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah dan Pondok Pesantren Modern serta Kurikulum mandiri dengan pendekatan KBK ( Kurikulum Berbasis Kompetensi) dan CTL ( Contectual Teaching and Learning). Pendekatan KBK memberikan penekanan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu.
Sedangkan pendekatan CTL memberikan penekanan bahwa peserta didik belajar melalui kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika peserta didik ”mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan ”mengetahuinya”.
Kurikulum terpadu ini diaplikasikan dengan prinsip kontinuitas seiring dengan kurikulum yang berlaku. Dan di samping pendidikan kurikuler di atas,SMK Nur Azkia Bogor juga menerapkan pendidikan ekstrakurikuler dengan tujuan memberikan bekal keterampilan bagi siswa, antara lain; Pidato 3 Bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Diskusi Wawasan Keislaman, Tahfidh Al-Qur’an, Kegiatan Kepanduan/Pramuka, Komputer, Olahraga, Seni Bela Diri, Organisasi Siswa, aneka perlombaan, Koperasi, Agribisnis, Pertanian, Wisata Ilmiah, dan Praktikum Mengajar.
KUALIFIKASI TENAGA PENGAJAR
SISTEM EVALUASI
Sistem evaluasi yang diterapkan di Pondok Pesantren Nur Azkia Bogor mencakup: